Senin, 07 Maret 2011

Tanaman di sekitar kita

BUNGA PACAR AIR


Bunga pacar air adalah tanaman yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Tanaman ini diperkenalkan di Amerika pada abad ke-19. Tanaman ini adalah tanaman tahunan atau dua tahunan dan memiliki bunga yang berwarna putih, merah, ungu atau merah jambu. Bentuk bunganya menyerupai bunga anggrek yang kecil. Tinggi tanaman ini bisa mencapai satu meter dengan batangnya yang tebal dan daunnya yang bergerigi tepinya.
Tanaman ini sangat disukai lebah dan serangga lain yang membantu penyerbukannya. Tanaman ini menyukai tempat teduh dan suka air, walau demikian tanaman ini tidak dapat hidup di lingkungan yang kering, jadi kalau rumah anda banyak terkena sinar matahari, letakkan tanaman pacar air di bawah pohon.
Tanaman ini termasuk tidak susah memilih media tanam. Pakai saja campuran tanah, kompos, sekam atau tanah, “boleh juga memakai pupuk kandang. ” Meskipun tergolong bukan tanaman rewel, ada satu musuh utamanya, yaitu hama. Begitu terkena hama, tanaman akan langsung busuk. Jadi, awasi tanaman pacar air anda dari segala hama pengganggu.

1. Belimbing Wuluh

Nah, pertama kita mulai dari belimbing wuluh.
Belimbing wuluh (*gerinang bagi masyarakat melayu) bermanfaat sebagai anti radang karena mengandung flavon. Selain itu, kaliumnya melancarkan keluarnya air seni (diuretik) sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Belimbing wuluh juga mampu mengeluarkan dahak dan menurunkan panas. Buahnya mengandandung zat : asam-kalium-akolat.
khasiat dari Buah dan Daun Belimbing Wuluh untuk pengobatan, yaitu untuk menyembuhkan sakit gondongan, sebagai obat batuk, untuk menghilangkan jerawat, menyembuhkan diabetes, rematik, pegal linu, sariawan, dan sakit gigi.
2. Cabai

Untuk yang satu ini, pasti udah nggak asing lagi buat kita semua. Yupp, cabai atau cabe (lebih enakan cabe ngomongnya,,hehe), hampir semua rumah menanamnya (termasuk kami). Cabai ini berguna untuk memberikan rasa menantang ketika dimakan.
Cabai banyak macam dan manfaat, tapi untuk cabai yang satu ini termasuk cabai hijau. Cabai ini merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Dan sama seperti cabai-cabai lainnya, cabai ini juga mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia. Kandungan terbesar antioksidan pada cabai hijau adalah untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.
3. Bunga Kenanga

Bunga kenanga sudah dikenal sejak lama. Para putri bangsawan gemar sekali memanfaatkannya. Contohnya bunga kenanga segar untuk mengharumkan rambut, pakaian dan tempat tidur.
Kenanga ternyata juga punya khasiat lain untuk pengobatan. Salah satunya adalah agar tetap sehat usai melahirkan. Berkat ramuan kenanga plus, mereka merasa fit. Daun dan bunga kenanga mengandung minyak terbang. Dan karena itu, bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sesak nafas dan bronkhitis.
4. Bunga Air Mata Ibu

Hmm,,dan ini yang terakhir, kita kurang tau manfaatnya,,tapi, ibu-ibu rumah tangga senang merawat tanaman ini, karena tanaman ini sangat sensitif terhadap air yang berlebih, karena batangnya bisa membusuk jika terlalu banyak air, apalagi jika terkena hujan dan kita biarkan terus menerus, batangnya akan lebih cepat membusuk.
Bunga dari tanaman ini ada bermacam-macam warna. Dan ukurannya ada yang kecil dan besar, ukuran daunnya juga menyesuaikan besar kecilnya bunga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar